Proses penulisan Karya Ilmiah: Tahap 3 - Menentukan Poin-Poin Bagian Pendahuluan

Nama : Muhammad Rafhael Naufal Dinata

Kelas : RL

Npm 202246500867

Mata Kuliah : Filsafat Desain

Dosen Pengampu : Dr. Sn. Angga Kusuma Dawami M. Sn.


                                                           POINT POINT BAGIAN PENDAHULUAN


Objek kajian : karya seni "Euforia Pada Senja"


Pendahuluan

Lukisan ini menampilkan pemandangan senja yang indah di tepi danau, dengan warna-warna hangat yang menyelimuti langit. Di tengah-tengah lukisan, terdapat seorang wanita dengan gaun era Victoria yang duduk di tepi danau, menggenggam buket bunga warna-warni. Ekspresi wajahnya mencerminkan perasaan euforia dan kedamaian.

Namun, yang membuat lukisan ini istimewa adalah adanya serangkaian catatan musik yang terlihat terbang di udara, seolah-olah tersapu oleh angin senja. Melodi yang tak terdengar ini memberikan kesan bahwa alam sendiri sedang menyanyikan lagu yang merayakan keindahan senja. Lukisan ini mungkin kurang dikenal karena seniman tidak diidentifikasi, tetapi keindahan dan keterlibatan musik dalam lukisan memberikan keunikan tersendiri.


1.Latar Belakang:

   - Pengantar mengenai lukisan sebagai bentuk seni visual dan mengapa "Euforia Pada Senja" dipilih sebagai fokus penelitian.

   - Pernyataan tujuan penelitian.

2. Tujuan Penelitian:

   - Menjelaskan tujuan analisis ikonografi dan formal dalam konteks lukisan ini.

3. Rumusan Masalah:

   - Bagaimana seniman merepresentasikan konsep euforia dalam lukisan "Euforia Pada Senja" dari segi ikonografi?

   - Apa saja elemen-elemen formal yang dominan dalam lukisan tersebut, dan bagaimana pengaruhnya terhadap pengalaman visual pemirsa?

   - Bagaimana simbol-simbol atau motif tertentu digunakan dalam karya seni ini untuk mengungkapkan suasana euforia?

   - Apakah teknik lukisan yang digunakan seniman dalam menciptakan efek euforia, dan bagaimana teknik ini berbeda atau serupa dengan gaya seni visual lainnya?

   - Bagaimana konteks sejarah dan budaya pada saat pembuatan lukisan dapat memengaruhi interpretasi dan makna dari "Euforia Pada Senja"?

   - Apakah terdapat perbedaan interpretasi euforia dalam seni visual pada masa pembuatan lukisan dengan interpretasi euforia dalam konteks seni modern?

4. Metode Penelitian:

  -Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada analisis ikonografi dan formal untuk memahami ekspresi seni dalam lukisan "Euforia Pada Senja."



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Bagaimana jika karya-karya Nft dibicarakan